Selasa, 25 Mei 2010

Pasang Kaca Film

Blog-Djito - Mau pasang kaca film tapi bingung mau pasang kaca film yang bagaimana... dari browsing2 dapet ilmu tentang kaca-film. ini contekanya nih :

sumber forum modifikasi.com

-------------
Kalo mau cari kaca film depan jangan sembarangan lho... Jangan asal nurutin yg jualan. Hrs diperhatikan spesifikasinya, terutama persentase cahaya tembusnya (visible light transmission), cari yg 70% atau lebih.

Di Singapore angka 70% ini jadi patokan. Di sana kaca film utk windshield yg diperbolehkan oleh peraturan hrs mempunyai visible light transmission yg lebih tinggi dari 70%. Sehingga V-Kool Singapore sampai hrs mengeluarkan V-Kool 75 (yg gak dijual di sini) yg khusus kaca depan. Krn V-Kool 70 jika diaplikasikan di kaca depan, visible light transmission-nya bisa kurang dari 70% pada jenis2 kaca mobil tertentu.


Tujuan kamu mau pasang kaca film depan apa? Utk menolak panas? Atau utk asal ada kaca film aja?

Kalo menurut saya, utk kaca film depan hrs dicari yg menolak panasnya (solar energy rejected) tertinggi dan sekaligus yg cahaya tembusnya (visible light transmission) tertinggi.

Spesifikasi resmi dari produsennya yg saya dapat:
V-Kool 70: visible light transmission 70%, solar energy rejected 55%;
Hüper Sech: visible light transmission 53%, solar energy rejected 54%;
Hüper Stark (Ceramic) 40: visible light transmission 42%, solar energy rejected 55%;
Llumar Clear: visible light tramsission 73%, solar energy rejected 39%.

Dari perbandingan di atas bisa kamu pilih sendiri mana yg paling bagus.

--------------------

Menurut MAJU JAYA, distributornya 3M, VKool yang ada di PMK, PERFECTION yang clear 0%, lebih OK dari VKOOL yang 0%.
Harga untuk kaca depan sedan sih sekitar 900-950 ribuan. Lebih murah dari Vkool, tapi lebih bagus.
Itu kata distributornya lho..


--------------------
Saya sih masih meragukan merek Perfection itu. Krn dari pertama kali keluar, trus sering mengiklankan diri di media2 otomotif dgn mencantumkan alamat website. Tapi alamat tsb merupakan website yg gak ada hubungannya dgn kaca film.


Gak tau deh apa alamatnya waktu itu salah atau gak. Kayaknya terakhir2 ini mereka ngiklanin diri udah lain lagi alamat website-nya.


Kalo saya sih yg kayak gini udah antipati duluan.


--------------------
Tentunya masang kaca film depan buat nahan panas, maklum mobilnya bakalan sering di jemur di luar (ga punya garasi)


Saya pribadi sih sudah 3 mobil yang pake V-Kool 70 untuk kaca depan (Escudo lama, Karimun n CR-V, tinggal CR-V sekarang karena yang lain sudah di jual) n menurut saya sih memang bagus cuma terlalu mahal.


Tadi sempat ke distributor 3M ditawari kaca film depan Clear 20% tipe RE50 harganya 770-an ribu sebelon diskon 30%


--------------------
Soal 3M.... Ini rada2 aneh.


Krn Produk ScotchTint Window Film dgn kode produk RE spt RE50 yg kamu bilang tadi kalo di website 3M dikategorikan sebagai Architectural Window Film ataupun Flat Glass. Sedangkan mereka mempunyai lagi window film yg kategorinya Automotive Window Film dgn kode produk CS, FX-HP dan FX-ST.


Memang sah2 saja kalo kaca film utk bangunan/gedung dipakai utk automotive atau sebaliknya, tetapi jika produsennya perusahaan besar seperti 3M pasti punya alasan sendiri kenapa mereka membedakan secara kategori2 terhadap produk2 kaca film mereka ke dalam kategori automotive dan flat glass.


Dan satu hal lagi, dari sisi Visible Light Transmission-nya. RE50 hanya pada angka 51%, dan bahkan RE70 (jika produk ini ada di pasaran kita) cuma 66%. Sekali lagi, Visible Light Transmission yg ideal utk kaca depan sebaiknya berada pada kisaran 70% atau lebih.


------------------
Saya sih sebenarnya cuma mau sharing info aja krn sejak V-Kool masuk ke Indonesia dan memperkenalkan kaca film utk windshield satu kaca penuh (tdk cuma sepotong bagian atas saja spt yg banyak dipasang sejak dulu), banyak orang2 yg salah kaprah ikut2 pasang kaca film depan penuh menggunakan produk asal2an.


Tentunya alasan utama biasanya soal harga V-Kool 70 yg mahal. Dan alasan lain yg juga penyebab banyak yg salah kaprah spt ini adalah dari sisi penjual / distro yg tidak memperhatikan dari sisi spesifikasi teknik produk kaca film yg mereka jual. Mereka kebanyakan hanya mengandalkan apa yg mereka lihat secara kasat mata. Jika mereka lihat bhw kaca film tertentu tidak gelap, mereka anggap boleh dipasang di kaca depan secara penuh.


Seperti yg pernah saya ungkapkan sebelumnya (atau di thread/postingan yg lain) sebagai contoh, di Singapore pemasangan kaca film diatur sangat ketat. Utk kaca depan, yg diperbolehkan adalah yg punya Vissible Light Transmission lebih dari 70%. Tentunya peraturan ini bukan dibuat asal2an tetapi utk keamanan dan kenyamanan berkendara.


Di negara kita, kaca film yg nge-block (super-duper gak tembus pandang) sekalipun ada yg dipasang di kaca depan. Kalo udah begini, gimana coba???


-----------------
setelah saya cari2 ternyata benar product RE50NEARL dari 3M itu sebenarnya kaca film buat Home bukan Automotive. Yang di tawarkan ke saya ya tipe RE50NEARL itu, sedangkan RE70NEARL kalo di liat dari website seperti http://www.autocybercenter.com/osans...al=9&kategori= juga ditawarkan di Indonesia. Tapi ya sama saja, RE70NEARL kayanya juga kaca film buat Home.


-----------------
Saya ada kok file pdf-nya Llumar. Udah rada lama dapatnya dan tentunya dapatnya dari website-nya Llumar. Kalo kamu mau d/l, ini file spesifikasi-nya. Agak beda dgn yg saya pernah dapat tapi intinya sama saja.


Soal kaca film depan, kalo saya sih wajib. Bukan soal gaya2an tapi lebih ke pada fungsinya. Pake kaca film depan awalnya mungkin kerasa sama aja, bhw jika kita duduk di bangku depan mobil tetap aja terasa panas sinar matahari yg masuk lewat kaca depan. Tapi begitu kita duduk di mobil yg tanpa kaca film depan, baru akan terasa bedanya. Yg pakai kaca film depan, jikapun panas matahari masuk ketika matahari sedang panas2nya, cuma akan terasa hangat. Tetapi yg tidak pakai kaca film depan, panas matahari yg masuk akan terasa lebih menusuk, seperti perih di kulit. Paling kerasa jika kaca depan mobil besar dan landai, dimana sinar matahari bisa langsung mengenai paha kita.


Lagipula umur peralatan di dashboard akan lebih panjang dan awet jika memakai kaca film depan. Tentunya jika yg dipakai adalah yg mampu menolak inframerah, ultraviolet, dan radiasi solar yg terbesar. Dari disisi keamanan berkendara, bisa menahan kaca depan yg pecah. Namun jangan lupa pilih yg visibilitas cahaya masuknya yg tinggi agar tdk mengurangi kesigapan dalam mengemudi, terutama di malam hari.


Kalo soal pilihan saya, udah jelas dong dari beberapa posting yg lalu dan dari spesifikasi yg pernah saya ungkapkan. Kaca film pilihan saya (saat ini): utk kaca depan V-Kool 70 dan utk kaca keliling Hüper Drei.


---------------------
Angka persentase cahaya tembus jangan dari omongan penjual, tapi lihat spesifikasi resmi. Paling bagus lihat spesifikasi resmi yg dikeluarkan produsennya langsung lewat website mereka. Yg dilihat adalah Vissible Light Transmission utk mengetahui cahaya tembusnya dan Total Solar Rejection utk mengetahui kemampuan menolak panasnya.


Sekali lagi, jangan dari omongan penjual.


--------------------
V-Kool 40 sebenarnya adalah V-Kool yg paling bagus dlm hal menolak panas. Total Solar Energy Rejection-nya sampai 65%. Namun utk sebagian besar orang kita kurang menyukainya karena masih dianggap terlalu transparan.


Perbandingan:
V-Kool 70 Vissible Light Transmission 70%, Shading Coefficient 50%, Solar Energy Rejection 55%;
V-Kool 40 Vissible Light Transmission 43%, Shading Coefficient 42%, Solar Energy Rejection 65%;
Hüper Drei Vissible Light Transmission 35%, Shading Coefficient 36%, Solar Energy Rejection 70%.


Vissible Light Transmission adalah persentase cahaya tampak yg masuk ke dlm kabin, semakin tinggi cahaya tampak yg masuk ke dlm kabin sangat baik, terutama utk kaca depan.


Shading Coefficient adalah satuan kegelapan dari kaca film, semakin rendah angkanya berarti semakin gelap.


Total Solar Energy Rejection adalah persentase panas matahari yg ditolak oleh kaca film, semakin tinggi berarti semakin baik dalam menolak panas.


Kenapa saya lebih suka Hüper Drei daripada V-Kool 40 utk kaca keliling adalah krn kemampuan nolak panasnya yg lebih baik dan sedikit lebih gelap.


-----------------
Eh iya... Penting itu!!! Saya juga tadinya juga mau nulis soal harga tapi kelupaan. Daripada pakai V-Kool 40, lebih murah pakai Hüper Drei. Harganya kalo gak salah bisa beda sampai 40%.


Jadi... Kelebihan Hüper Drei dibandingkan V-Kool 40: lebih bagus dlm nolak panas, lebih gelap sedikit (dari arah luar -- cocok utk kaca sekeliling), dan lebih murah.


-----------------
emang pasang huper full kena brapa ya?? trus kal pasang kaca film di PMK terjamin ga sih?


-----------------
Ada satu toko yg di PMK (Hen's) yg terdaftar di setiap iklan resmi Hüper. Jadi kalo terdaftar sbg tempat pasang resmi seharusnya sih terjamin.


-----------------
Pertanyaan nya sebenernya belom kejawab tuh pak, selain V-Kool jadi apa pilihan lainnya?
Ada beberapa merk yang beredar dipasaran, seperti OrPro, Madico, Perfection, SolarGard, 3M, yang cukup direkomendasikan oleh beberapa teman dan milis.
Tentunya kalau bisa rekomendasi-nya bukan dari spek teknis aja, tapi juga pengalaman pakenya juga.


------------------
Soal merek2 lain yg direkomendasikan teman2 dan milis, sebenarnya karena dari segi harga lebih terjangkau (murah). Tapi dari segi performa menolak panas, Hüper Optik & V-Kool blom ada yg bisa ngalahin.


Sedangkan kalo sesuai judul thread ini, saya gak bisa ngerekomendasikan kaca film depan selain V-Kool 70, krn faktor visibilitas sangat penting pada kaca depan.


------------------
huper drei tuh warna hitam ato clear sih?
klo mao cari film warna hitam skitar 40% nolak panas palink okay & ga gelap apa ya?


------------------
Hüper Drei berwarna dasar silver namun kehijau2an.


Kalo kaca film hitam gak mungkin bisa nolak panas lebih oke dibandingkan yg berwarna dasar silver. Kan dari SD kita udah diajarin bahwa sifat dari warna hitam memang menyerap panas (bukan menolak panas).


------------------
Kalo fungsi lebih utama dari penampilan ya cari aja KF yg TSERnya tinggi bro...
Selain Vkool banyak koq merek yg lain.. e.g. Huper, Llumar, 3M,...
Tinggal pilih aja sesuai selera dan budget...


-----------------
Nah begitu tinggal pilih mau kaca-film yang bagaimana?



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar